Bermula dari Diskusi Dosen dan Kaprodi, IST Ekspo ke-II 2023 Diharapkan Jadi Wirausaha Berdasarkan Nilai Kepesantrenan

Guluk-Guluk, IST Annuqayah  

Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah, Guluk-guluk, Sumenep Madura menggelar kembali  kegiatan dengan tajuk “IST Ekspo 2023”.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik IST Annuqayah, Kiai Mohammad Wail El-Wajih di Aula As-Syarqawi PP. Annuqayah Rabu 05/07/2023.

Kegiatan tahunan yang mengusung tema “Mengembangkan Jiwa Enterpreneur yang Mandiri dan Inovatif” ini digelar dalam rangka menumbuhkan semangat wirausaha muda di kalangan mahasiswa sebagai media menunjukkan inovasi dan kreatifitas produknya.

Diketahui, IST Expo tahun 2023 ini dilaksanakan selama 3 hari sejak hari Rabu 05/07/2023 hingga Jumat 07/07/2023. Tempat pelaksanaan kegiatan ini dipusatkan di Halaman Instika (bagi putra) dan Kampus Putri (khusus putri). Terdapat beragam kuliner, aksesoris dan produk mahasiswa. Selain itu, ada juga penampilan-penampilan seperti banjari, UKM Paduan Suara dan lainnya.

Ach. Haris Abdi Manaf, Ketua Panitia IST Ekspo 2023 mengatakan kegiatan ini sebenarnya berawal dari kuliah materi kewirausahaan yang dikonversi menjadi praktikum yang menarik bagi mahasiswa.

“Banyak mahasiswa punya produk tetapi malu menjual atau memasarkannya. Untuk menunjukkan tekad, kemauan, dan mental untuk memasarkan, maka dilaksanakan IST Ekspo yang kedua kalinya ini,” katanya dalam sambutan pembukanya.

Menurut Bapak Haris, sapaan akrabnya menambahkan bahwa kegiatan ini berawal dari diskusi dosen yang mengampu materi kewirausahaan bersama dengan Ketua Program Studi di IST Annuqayah.

“IST Ekspo ini sudah yang kedua kalinya. Ini sebenarnya acara praktikum yang digagas oleh prodi, maka seluruh dosen sepakat untuk mengadakan bazar kewirausahaan. Kemudian setelah berdiskusi akhirnya disepakati Ekspo, karena di dalamnya ada pembukaan dan penampilan-penampilan” tambahnya.

Sementara itu, Kiai Mohammad Wail El-Wajih dalam sambutannya mengatakan kegiatan IST ekspo ini diharapkan mahasiswa IST Annuqayah bisa memiliki skill dalam memasarkan produknya dan sesuai dengan nilai kepesantrenan dan agama Islam.

“Kegiatan IST Ekspo ini sesuai dengan Identitas IST Annuqayah sebagai kampus pesantren yaitu bagaimana berdasarkan kepada nilai-nilai kepesantrenan. Makanya IST sebagai kampus yang berada di pesantren, harus menjaga produk dan proses yang halal, dan proses transaksinya dalam berwirausaha. IST sebagai kampus yang berasas pesantren harus menjaga berwirausaha dengan tetap berasaskan islam dan halal juga proses transaksi pun sesuai dengan syariat Islam,” pungkasnya.

Diketahui, diakhir kegiatan ini akan ada apresiasi kepada seluruh peserta IST Ekspo 2023 seperti kategori jenis produk terbaik, demontrasi produk yang menarik, Stand terbaik  dan lainnya. (Imam/Warits).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X